Kamis, 14 Maret 2013

LISTENING

SKILL 1  : FOCUS ON THE SECOND LINE (FOKUS PADA PEMBICARA KE DUA)
STRATEGI:
1.       Kemungkinan jawaban dari pertanyaan terdapat pada pembicara kedua dalam percakapan.
2.       Dengarkan pembicara pertama dalam percakapan. Jika anda mengerti, itu bagus. Tapi jangan khawatir jika anda tidak mengerti, sebab kemungkinan dalam pembicara pertama tidak terdapat jawabannya.
3.       Bersiaplah untuk focus pada pembicara ke dua karena di sanalah terdapat jawabannya.  Ingatlah apa yang sudah diucapkan pembicara ke dua sambil anda mencari jawaban  yang benar pada pilihan jawaban.
Contoh:
(man)                    Andres really made a big mistake this time
(woman)             Yes, he forgot to turn in his reaserch paper
(narrator)            What does the women say about Andres?
In your test book, you read:
(A)   It was the first time he made a mistake
(B)   He forgot to write his paper
(C)   He turned in the paper in the wrong place
(D)   He didn’t remember to submit this assignment **
Jawaban yang benar adalah D, karena forgot to turn in, itu berarti bahwa dia didn’t remember to submit.

SKILL 2  : CHOOSE ASWERS WITH SYNONYMS (PILIH JAWABAN BERDASAR SINONIM)
STRATEGI:
1.       Selama anda mendengarkan percakapan pembicara ke dua, fokuslah pada kata kuncinya
2.       Jika anda melihat sinonim (persamaan kata) key word pada jawaban maka pilihlah jawaban yang mempunyai arti yang sama.
Contoh:
(woman)             Why is Nurul feeling so happy?
(man)                    She just started working in a real estate agency
(narrator)            What does the man say about Nurul?
In your test book, you read:
(A)   She always liked her work in real estate
(B)   She began a new job **
(C)   She just bought some real estate
(D)   She bought a real estate agency      
Jawaban yang benar adalah B. Kata kunci started  berarti began, dan kata kunci working mengacu pada Job.

SKILL 3  : AVOID SIMILAR SOUNDS (HINDARI BUNYI YANG TERDENGAR SAMA)
STRATEGI:
1.       Identifikasi kata kunci pada pembicara ke dua
2.       Identifikasi kata-kata pada jawaban yang mempunyai bunyi yang sama dengan yang anda dengar dari pembicara ke dua, dan jangan pilih jawaban yang seperti itu.
Contoh:
(man)                    Why couldn’t Edi come with us?
(woman)             He was searching for a new apartment
(narrator)            What does the woman say about Edi?
In your test book, you read:
(A)   He was in the department office
(B)   He was looking for a place to live **
(C)   He was working on his research project
(D)   He had an a appointment at church
Jawaban yang benar adalah B. Kata kunci pada pembicara kedua adalah searching dan apartment, dalam jawaban (C) dan (D) kata research dan church memiliki bunyi yang terdengar sama dengan search, sedang dalam jawaban (A) dan (D) kata department dan appointment bunyinya mirip apartment.

SKILL 4: DRAW CONCLUSIONS ABOUT WHO, WHAT, WHERE (MENARIK KESIMPULAN TENTANG SIAPA, APA, DIMANA)
STRATEGI:
Biasanya dalam listening anda akan diminta untuk menyimpulkan tentang:
1.       Siapa yang sedang berbicara?
2.       Apa yang akan dia kerjakan selanjutnya?
3.       Dimana percakapan itu terjadi?
Untuk mengetahui jawabannya adalah dengan mendengarkan clue (petunjuk) yang anda dengar dalam percakapan, baik itu dari pembicara pertama maupun pembicara ke dua.
Contoh:
(woman)             Are you going into the water or are you just going to lie there on the sand?
(man)                    I think I need to put on some suntan lotion
(narrator)            Where does this conversation probably take place?
In your test book, you read:
(A)   At a beauty salon
(B)   At the beach
(C)   In a sandbox
(D)   At an out door restaurant
Jawaban yang benar adalah B. kata-kata water, sand dan suntan lotion dalam percakapan memberi petunjuk pada anda kalau percakapan ini terjadi di pantai (beach).

SKILL 5: LISTEN FOR WHO AND WHAT IN PASSIVES (MENDENGARKAN SIAPA DAN APA DALAM KALIMAT PASIF)
STRATEGI:
1.       Jika percakapan terdiri dari kalimat pasif, maka jawaban pertanyaannya biasanya kalimat aktif
2.       Demikian sebaliknya. Jika percakapan terdiri dari kalimat aktif, maka jawaban pertanyaannya biasanya kalimat pasif.
3.       Catatan: periksa dengan teliti siapa atau apa yang sedang diperbincangkan dalam pertanyaan ini.
Contoh:
(man)                    Did Sherly go to the bank this morning?
(woman)             Yes, she did. She got a new checking account.
(narrator)            What does the woman imply?
In your test book, you read:
(A)   Sherly wrote several check
(B)   Sherly wanted to check up on the bank
(C)   A new checking account was opened
(D)   Sherly checked on the balance in her account
Jawaban yang benar adalah C. Dalam percakapan ini pembicara ke dua menggunakan kalimat aktif yang berarti bahwa Sherly opened a checking account jadi jawabannya menggunakan kalimat pasif yaitu a checking account was opened.

SKILL 6: LISTEN FOR WHO AND WHAT WHIT MULTIPLE NOUNS (MENDENGARKAN SIAPA DAN APA DENGAN BANYAK KATA BENDA)
STRATEGI:
                Dengarkanlah dengan seksama pada pembicara ke dua siapa dan apa saja yang sedang diperbincangkan. Apabila ada beberapa kata benda dalam satu kalimat, biasanya membingungkan bagi anda untuk memilih mana yang benar.
Contoh:
(man)                    : Do you know who is in the band now?
(woman)             : I heard that Mery replaced Udin in the band
(narrator)            : What does the woman say about the band?
In your test book, you read:
(A)   Udin became a new member of the band
(B)   Udin took Mery’s place in the band
(C)   Mery didn’t have a place in the band
(D)   Mery took Udin’s place in the band **
Jawaban yang benar adalah D. Dalam perbincangan, pembicara ke dua membicarakan 2 orang (Mery dan Udin) dan dua orang ini membingungkan penjawab. Sebab Mery menggantikan Udin, ini berarti bahwa Mery ada di band itu sedangkan Udin tidak.

SKILL 7: LISTEN FOR NEGATIVE EXPRESSIONS  (MENDENGARKAN PERNYATAAN NEGATIF)
Dalam pernyataan negative terdapat respon positif yang terdiri dari kata-kata dengan arti yang berlawanan.
Contoh:
(man)                    How did they get to their grandmother’s house in maine in only five hours?
(woman)             They did’t drive  slowly on the trip to Maine
(narrator)            What does the woman say about the trip?
In your test book, you read:
(A)   They drove rather quickly
(B)   They couldn’t have driven more slowly
(C)   They wanted to travel slowly to Maine
(D)   They didn’t drive to Maine
Jawaban yang benar adalah A. Jika mereka tidak menyetir pelan (didn’t drive slowly) itu berarti mereka ngebut (drove rather quickly).

SKILL 8: LISTEN FOR DOUBLE NEGATIVE EXPRESSIONS (MENDENGARKAN PERNYATAAN NEGATIF GANDA)
Dalam listening biasa muncul 2 kata negative dalam satu kalimat, dan ini tentunya akan sedikit membingungkan.
Kata negative seperti (not, no, none)
Awalan negative seperti (in, un, dis) yaitu kata yang jika diawali oleh (in, un, dis) akan menjadi negative. Contoh: Like (suka) – dislike (tidak suka), clean (bersih) – unclean (tidak bersih)
Jika dalam satu kalimat terdapat 2 kata negative itu artinya positif, maka anda harus memilih jawaban yang positif.
Contoh:
(man)                    Kurniati, you worked so hard setting up the field trip
(woman)             I hope no one’s unhappy with the arrangements
(narrator)            What does Kurniati mean?
In your test book, you read:
(A)   She hopes everyone will be pleased **
(B)   She know no one is happy with what she has done
(C)   She is arranged to take a trip because she is unhappy
(D)   Everyone’s happy with the condition of the field
Jawaban yang benar adalah A. Kata no one unhappy artinya everyone happy, dan kata happy sama dengan pleased.

SKILL 9: LISTEN FOR “ALMOST NEGATIVE” EXPRESSIONS (MENDENGARKAN PERNYATAAN “HAMPIR NEGATIF”)
Dalam pernyataan hampir negative ini, anda akan menjumpai kata-kata:
Hardly, barely, scarcely, only, yang artinya hampir tidak ada (almost none)
Rarely, seldom, yang artinya hamper tidak pernah (almost never)
Contoh:
(woman)             Were you able to pay the electric bill?
(man)                    I had barely enough money
(narrator)            What does the man imply?
In your test book, you read:
(A)   He had plenty of money for the bill
(B)   He did not have enough money for the bill
(C)   He paid the bill but has no money left **
(D)   He was unable to pay the bill
Jawaban yang benar adalah C. Kata enough mengindikasikan cukup, sehingga dia membayar tagihannya (he paid the bill), kata barely enough menunjukkan uangnya pas-pasan itu berarti tidak ada lagi yang tersisa (no money left).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar